Tip Membuat Website

MENDAFTARKAN DOMAIN KITA PADA RESELLER DAN MENYEDIAKAN SPACE UNTUK WEBSITE KITA.

Kita membutuhkan sebuah Alamat Website (domain/URL) yang mudah diingat, agar pengguna Internet dapat dengan mudah menemukan Website kita. Domain adalah nama dari website, misalnya yahoo.com, google.com, namaanda.com dan sebagainya.Sedangkan Hosting adalah tempat untuk menyimpan file di internet. Jika diibaratkan rumah, maka alamat rumah adalah domain, dan rumah tempat tinggal adalah hosting. Kita daftarkan pertama kali domain yang kita inginkan, misalnya namaanda.com. Kita membutuhkan Web Hosting setelah kita memiliki sebuah domain.

 

Untuk memiliki sebuah Website, diperlukan “Tempat” (“Space”) berupa Hard Disk di sebuah komputer/server untuk meletakkan halaman-halaman (file) Website kita. Halamanhalaman tersebut akan dapat diakses oleh seluruh pemakai Internet di dunia kapan saja. Servis Web Host menyediakan tempat di Internet di mana Website kita tinggal. Itu jauh lebih murah daripada kita membeli web server sendiri dan kita tidak perlu menggaji Teknisi untuk perawatan server kita. Perusahaan Web Hosting menyediakan perlengkapan Hardware, Software, Bandwidth, Data Center dan servis teknis yang kita butuhkan tanpa harus kita yang melakukan sendiri.

 

MENYIAPKAN ISI/CONTENT WEBSITE

Selanjutnya kita mempersiapkan design yang hendak kita gunakan untuk membangun website kita. Adapun design yang kita buat dapat menggunakan software tertentu bisa menggunakan macromedia dreamweaver atau fireworks tergantung kehendak kita. Kita juga dapat mengumpulkan bahan-bahan yang akan anda muat di Internet berupa text, gambar/foto atau suara.File text & gambar tersebutlah akan diakses oleh pengguna

Internet.

 

Selain itu, kita juga harus membuat program script apa yang hendak kita pakai untuk menjalankan web kita. Sehingga web kita dapat berjalan dinamis dan bukan statis.Program yang dapat kita gunakan contohnya PHP, Javascript, maupun ASP. Disamping programnya, database yang akan kita gunakan juga ditentukan sesuai program yang kita buat misalnya MySQL, Microsoft Access, AdoDB maupun yang lainnya.

 

MEMPROMOSIKAN WEBSITE KITA

Setelah website jadi, kita tidak bisa membiarkannya begitu saja website kita tanpa kita memanajenya. Adapun salah satu caranya adalah dengan mempromosikannya website kita di dunia internet itu sendiri. Salah satu cara yang paling penting dan terbukti efektif adalah dengan pertukaran banner dan mendaftarkannya pada search engine di internet (seperti Alta Vista, Google, Fast Search, HotBot, Lycos, Excite, NetCrawler, dll) Website yang telah kita buat, jangan dibiarkan saja tanpa kita kontrol dan kita awasi.

 

Kita hendaknya menganalisis setiap perkembangan hasil website kita dalam dunia internet. Bagaimana pengunjungnya setiap harinya apakah mengalami kenaikan atau malah sebaliknya, bagaimana dampaknya terhadap usaha kita apakah mengalami keuntungan ataupun kerugian harus kita analisis demi optimalnya website yang selama ini kita bangun.

 

Sekian semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda.

~ oleh Teknisoft pada 18 Juli, 2006.

15 Tanggapan to “Tip Membuat Website”

  1. isi tutorialnya singkat sekali ya. kalau saya yang masih awam internet kayaknya perlu informasi yang lebih detil. tolong dong kalau ada tutorial yang lebih detil membuat website dari awal hingga website kita bisa muncul di search engine. thanks ya…

  2. assalamualaikum Wb.Wr
    nama saya bambang panggilan bembenks, barusan saya membuat website sendiri dengan belajar sendiri di internet yaitu google, trus saya minta bantun deach biar website saya bagus…
    terima kasih….

  3. selamet riyadi : kenalan dulu atuh ma si Om Google … pasti dapet tuh tutorna .. hehe

    kang dede … muach2 ah😀

  4. halo mas, saya pingin buat web nih untuk jual produk saya, tolong saya dong.dari mana memulainya. thanks atas infonya.

  5. #rio, maksud pertanyaan kmu tuch apa kurang jelas, klo emang mo punya website sendiri terlebih dahulu kamu harus beli domain dan sewa hosting.

  6. hey….aq mw knalana aja ah… hehehe….
    km…bembenks yaCh… km prnah kul dmn? nama km & nama panggilan km mirip seseorang yg prnah aq knal!!! apa km kul di UIN syahid?
    aq minta pendapat km donk…!! jwb ya…!!
    aq punya rencana membuat website buat bahan skripsi aq, mnurut km website apa ya!!! yg hrs aq buat & judul skripsinya apa? km pnya ide ga? kasi aq msukan yaCh….
    oya…km bilang km kl km blajar scara otodidak ya!!! critain donk… bagaimna km bisa sampe mmbuat website pribadi?
    makaci… ya!!!
    lam knal….!!!

  7. alow… mav nie kalo saya cupu bgt! He..he… saya mau nanya, aplikasi apa aja yang digunakan dalam pembuatan website? Sebelumnya terima kasih, tapi jawab dulu ya! ^^V

  8. buat yang mau jago web mau jadi webmaster coba deh buka webnya http://www.tanda-tanya.com disitu lengkap script web tingal download doank

  9. Saya ingin belajar mohon info yang jelas dan lengkap

  10. anjing

  11. Kalau seandainya kita buat website menggunakan hardrive kita yang katanya bisa jauh lebih murah dibandingkan memakai server lain, apakah PC kita harus online 24 jam penuh agar orang bisa mengunjunginya??????

  12. Saya punya koran Mingguan EXPO NTT diterbitkan di Kupang NTT.
    Mau tanya bagaimana dan berapa biayanya sehingga punya webs site sendiri: expontt.or.id gitu lho.
    thanks

  13. Terima kasih atas info yang anda berikan.

  14. bisakah di uraikan cara membuat sebuah websitenya bro…

  15. saya masih bingung bro..maklum baru belajar..trus
    apa bedanya dengan blog?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: